Wednesday, January 12, 2011

Pola pikir orang yang terjebak hutang (yang membuat mereka tetap berhutang)

Kata penulis artikel "30 things broke people say (that keep them broke)", ada pola pikir yang kurang tepat yang membuat orang yang terjebak hutang tetap terus berhutang.

Ini daftarnya, namun saya coret yang tidak sesuai dengan kondisi kita (misalnya dalam kaitannya dgn UU Pajak):

  1. Mengapa harus menabung, kan tidak bisa dibawa kalau kita mati?
  2. Tidak perlu malu jadi miskin, kita boleh malu kalau penampilan tidak meyakinkan
  3. Jika saya dapat bunga, saya harus bayar pajak lebih besar
  4. Pada umur saya sekarang, sudah sangat terlambat (untuk mulai merobah pola hidup baru agar bisa terbebas dari hutang)
  5. Kita hanya mengalami masa muda sekali (karena itu saatnya bersenang-senang)
  6. Buat apa menabung, bunganya sangat kecil
  7. Saya akan mulai bayar  hutang bulan depan
  8. Mobil tua tidak aman dikendarai
  9. Apapun yang engkau inginkan sayang, akan aku belikan
  10. Saya akan mulai membuat anggaran bulan depan
  11. Saya lakukan ini semua untuk anak anak
  12. Saya telah kerja keras, oleh karena itu saya pantas mempunyai semua ini (mobil baru, HP terbaru, dll)
  13. Saya hanya akan tetap bayar cicilan minimum
  14. Kakek saya yang kaya akan segera meninggal
  15. Saya ingin anak anak saya mempunyai sesuatu yang lebih baik dari yang saya punyai dulu
  16. Lebih murah makan di luar dari pada makan dirumah
  17. Saya akan mulai menabung tahun depan bila gaji saya sudah naik
  18. Saya akan bayar semua hutang bila saya dapat pengembalian pajak nanti
  19. Kamu harus berani (dan memanfaatkan hutang) berhutang agar bisa kaya.
  20. Saya beli mobil sebagai investasi
  21. Mengapa harus menabung, sebentar lagi kiamat
  22. Jika saya punya penghasilan lebih besar, saya akan kehilangan subsidi (jamkesmas, BLT, dll)
  23. Bila semua orang melunasi hutangnya, ekonomi negara akan runtuh
  24. Bayar saja dengan kartu kredit, kita akan pikirkan nanti bila tagihan datang
  25. Tidak perlu semua orang bebas hutang
  26. Ini hanya soal uang, kita akan punya lebih nanti
  27. Saya pasti memang kuat untuk membeli ini (rumah, mobil, motor, dll) karena hutang saya disetujui.
  28. Saya hanya perlu melakukan "penarikan kontan" dari kartu Mastercard saya untuk membayar hutang di kartu kredit Visa saya.
  29. Silahkan tambah daftarnya...

No comments:

Post a Comment